Telepon

021-27562488

Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Jajaki Kerja Sama dengan UNCITRAL

Jakarta, CYBERNUSANTARA1.ID – Kabar gembira kembali di sampaikan oleh Dewan Sengketa Indonesia (DSI) yang mana kali ini telah menjajaki kerja sama dengan UNCITRAL melalui meeting Zoom.

Demikian disampaikan Presiden Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Sabela Gayo, S.H., M.H., Ph.D., CPL., CPCLE., ACIArb., CPM., CPrM., CPT., CCCLE., CPrCD., CML., melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (13/04/2023).

Dalam keterangannya, Presiden (DSI) Sabela Gayo mengungkapkan, bahwa UNCITRAL adalah sebuah badan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) yang fokus terhadap pengembangan aspek hukum perdagangan internasional.

“Pertemuan tersebut di fasilitasi oleh Director UNCITRAL Kantor Regional Korea dan melibatkan Legal Expert dari UNCITRAL Head Quarters yaitu Ms.Judith Knieper yang berlangsung dengan lancar dan penuh dengan semangat kolaborasi,” ucapnya.

“Dalam pertemuan tersebut, UNCITRAL Legal Expert menyarankan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) untuk mengirimkan Hukum Acara Mediasi & Arbitrase di DSI agar bisa di review oleh UNCITRAL, apakah sudah sesuai dengan prinsip – prinsip UNCITRAL Model Law on Meeiation & Arbitration atau tidak,” ungkapnya.

“Apabila Hukum Acara Mediasi & Arbitrase DSI sudah sesuai dengan Prinsip – Prinsip UNCITRAL Model Law on Mediation & Arbitration maka UNCITRAL akan meng-endorse hukum acara Mediasi & Arbitrase DSI tersebut,” terang Sabela Gayo.

“Selanjutnya, UNCITRAL akan memasukkan DEWAN SENGKETA INDONESIA (DSI) ke dalam daftar lembaga Mediasi & Arbitrase UNCITRAL yang hukum acaranya sudah sesuai dengan UNCITRAL Model Law,” paparnya.

“Dengan di masukkan nya DSI di dalam daftar tersebut, maka akan meningkatkan performa DSI sebagai satu – satunya lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di Indonesia yang hukum acara Mediasi & Arbitrasenya sudah sesuai dengan UNCITRAL Model Law on Mediation & Arbitration,” ucapnya.

“Harapan kami, semoga Hukum Acara Mediasi & Arbitrase DSI bisa segera di nyatakan sesuai dengan Standar UNCITRAL, dan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) menjadi satu-satunya lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) pertama di Indonesia yang memiliki Hukum Acara Mediasi & Arbitrase sesuai dengan Standar UNCITRAL,” tandasnya.

 

Sumber : Dewan Sengketa Indonesia (DSI) & cybernusantara1.id

Add a Comment

Your email address will not be published.

terjemahkan »